Ilmu dan Pengetahuan (seri 1 : Ilmu)

ilmu-pengetahuan

Ah, iya. Kalau saja saya ada dua orang, saya yang satu lagi pasti bisa menebak bahwa maksud saya menulis tulisan ini adalah supaya tidak lupa materi kuliah Metode Ilmiah bab pertama. Hehehe. Ya, karena memang seperti itu. Tapi jangan bergidik sambil mengangkat sebeah alis dulu, saya coba tuliskan dengan santai seperti di pantai kok. kalau tetap membosankan, yah, masih ada tulisan yang lain. hehehe.

Baik, saya mulai.

Sebagian besar dari kita (kamu dan aku) hanya mengerti tanpa mampu memahami dan menjelaskan arti ilmu dan pengetahuan. “ngerti sih, tapi, gimana ngejelasinnya ya?”. atau semacam itu. Bahkan sebagian di antara kita menganggap itu tidak terlalu penting. “Pokoknya itulah”.

Tapi ternyata, benih ilmu dan pengetahuan adalah rasa ingin tahu dan penasaran. Got the point?

Ilmu merupakan serangkaian pengetahuan yang saling berhubungan, saling menjelaskan, saling melengkapkan. Ilmu berisi acuan, metode, dasar, penjelasan, serta pengetahuan yang berhubungan dengan manusia, baik yang dapat tertangkap indra, maupun yang terasa namun tak teraba. Nyata dan ghoib, kata orang orang

Ilmu bersifat dinamis. Ia berkembang. Kok gitu?

Sebabnya dalah, ilmu berisi pengetahuan-pengetahuan. Dan pengetahuan merupakan hasil deskripsi ilmuan terhadap fakta. Bukan fakta itu sendiri. Maka bisa jadi, ilmuan lain menemukan deskripsi baru terhadap satu fakta yang sama (dengan kata lain pengetahuan baru terhadap satu fakta), atau ilmuan yang sama menemukan deskripsi baru terhadap fakta yang sama (revisi).

Maka pada akhirnya, tidak ada kebenaran mutlak dari ilmu pengetahuan, sebab ilmu pengetahuan hanyalah konstruksi pemikiran yang dibangun dari deskripisi sang ilmuan. Ilmu akan terus memperbarui dan diperbarui. Yang mutlak hanyalah Yang Maha Mutlak.

Sampai ketemu di seri 2. Insya Allah kita akan membahas PENGETHUAN  🙂

One thought on “Ilmu dan Pengetahuan (seri 1 : Ilmu)”

Tinggalkan Balasan

Berlangganan ke Blog via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 1.528 pelanggan lain

Follow

Follow Di Sudut Pandang Fajar on WordPress.com
Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox:

%d blogger menyukai ini: