BIO-LOGY the novel

COVER copy

Biologi adalah pelajaran hafalan, katanya. Mau jago pelajaran biologi, ya mesti jago dalam hal menghafal. Nama latin, nama ilmiah, istilah-istilah “njelimet”, ciri-ciri yang belum tentu mencirikan, jenis makhluk hidup yang tak habis-habis, jadi momok buat orang-orang yang mengaku “sulit menghafal”. Akhirnya biologi sadi subjek yang tak dirindui, teracuh, bahkan jadi alergen yang dibenci dan dijauhi. Sungguh malang.

Entah kenapa, satu waktu tiba tiba banyak masuk inspirasi ke sel otak. Bukan, bukan istilah inspirasi pada bab SISTEM PERNAPASAN (“inspirasi” adalah istilah untuk menarik napas, ekspirasi untuk menghembuskan napas). Tapi semacam ide, ilham, gagasan, atau ilmu laduni? Mungkin bukan. Semacam dorongan kuat untuk membuat sebuah tulisan ringan, fiktif, tetapi mengandung informasi biologi yang mudah dipahami. Sebagian besar inspirasi muncul dari sosok paman yang dengan kejeniusannya berhasil menulis buku novel matematika. Kerumitan logika dan rumus matematis tersaji dalam balutan kisah fiksi yang lezat melenakan (meski saya baru baca sekilas). Betapa jeniusnya!

Meski sering mengaku “tersesat di jalan yang benar”, atau “terseret arus tak berdaya”, atas kenyataan bahwa saya sekarang berdiri di ranah biology, saya tetap mengakui bahwa saya biologiwan. Meski kadang tak setia, tapi tetap cinta. Dan saya ingin menularkan harmoni kecintaan yang saya miliki terhadap biologi kepada orang orang, paling tidak men-delesi sedikit rasa paranoid (jika tidak ingin disebut kebencian) orang orang pada subjek unik ini (biologi).

PING! Bunyi (imajiner) ide. Ya, kenapa tidak? Kenapa tidak menulis sebuah novel juga? Toh menulis fiksi dan membaca fiksi membuat saya candu hingga sekarang. Novel? Novel Biologi!

Maka, ketika inspirasi telah terangkum menjadi ide, keinginan telah menguat menjadi tekad, niat berikatan dengan kesungguhan, kata yang paling pas diucapkan hanya tinggal, BISMILLAH!

Tinggalkan Balasan

Berlangganan ke Blog via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 1.528 pelanggan lain

Follow

Follow Di Sudut Pandang Fajar on WordPress.com
Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox:

%d blogger menyukai ini: